Friday, December 31, 2010

Definisi Penelitian

Penelitian atu riset berasal dari kata re yang berarti kembali dan to search yang berarti mencari, memahami, mengkaji, mencari jawaban dan lain-lain. Riset juga dapat di maknai upaya manusia untuk mencari kebenanaran atau yang diangap, disepakati sebagai kebenaran.
Hillway (1956) mengatakan penelitian adalah suatu metode studi yang dilakukan melalui penyelidikan yang ahti-hati dan sempurna terhadap masalah tersebut yang dapat dipecahkan. Dengan demikian risearch adalah penyelidikan secara cermat dan sistematis bertujuan untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran terhadap suatu persoalan.
Ciri utama kegitan penelitian dabandingkan dengan kegiatan lain terletak pada permasalaha yang lebih fokus kedalaman dan adanya penemuan, rekomendasi terhadap pemecahan masalah dan pengujian terhadapat kebenaran yang ada.
Atas dasar tersebut penelitian mempunyai ciri sebagai berikut: Pertama bersifat ilmiah, artinya harus melalui prosudur yang sistematis dengan menggunakan pembuktian berupa fakta. Kedua bahwa suatu proses yang berjalan secara terus enerus.
Perlu dikemukakan disin bahwa antara metodologi penelitian dengan metode penelitian sangatlah beda. Metodologi penelitian yaitu ilmu yang menjelaskan tentang metode ilmiah dala proses penelitian. Cakupannya tidak hanya berbicara tentang keseluruhan metode yang digunakan juga bagaimana ilmu sekaligus seni dalam seluruh kegiatan penelitian. Sedangkan metode penelitian menunjukkan pada cara, teknis dan strategi dalam kegiatan penelitian seperti teknis pengumpulan data, teknis mengolah data, metode analisa dan pemecahan masalah.

1 comment: