Thursday, January 6, 2011

Jeinis-jenis Penelitan


Penelitian dapat digolongkan kedalam beberapa bahagian bila dilihat dari bidang keilmuan, metode analisa yang digunakan dan kualifikasi yang dihasilkan, yaitu:
1. Penelitian Berdasarkan Bidang Keilmuan.
Penelitian berdasarkan bidang keilmuan kita dapatkan berbagai ragam, salah satu diantaranya adalah penelitian sosial yaitu penelitian yang objeknya berupa fenomena sosial, baik bidang politik, ekonomi, pendidikan, agama maupuan hukum. Penelitian ini terbagi dua bagian yaitu sosial kemasyarakatan, objeknya perilaku masyarakat dalam berpolitik, berekonomi, beragama dan lain-lain. Dan sosial budaya objeknya lebih abstrak seperti pemikiran , norma dan budaya.

2. Penelitian beruapa Metode Analisis
Berdasarkan analisis yang digunakan, penelitian terbagi dua yaitu penelitian kualitatif dan keuantitatif. Penelitian kualitatif pada umumnya bertujuan untuk memahami (understanding) makna dari simbol perilaku masyarakat menurut perspektif masyarakat itu sendiri. Karena itu data penelitian kualitatif lebih bersifat naturalistik, metodenya induktif dan verstehen, pelaporannya bersifat deskriptif dan naratif. Sedangkan penelitian kuantitaif bertujuan untuk menjelaskan ekplanasi suatu fenomena menurut perspektif peneliti.

3. Penelitian Berdasarkan Kualifikasi Hasil
Kalau dilihat dari hasil yang diharapkan, penelitian terbagi kepada penelitian dasar (basic research) betujuan untuk memperdalam ilmu secara teoritis. Dan penelitian terapan dalam rangkan mengatasi masalah nyata dalam kehidupan, usaha pengembangan kualitas program dan hidup.[1]


[1]Suprayogo, Metodologi Penelitian …, hal. 7-9

No comments:

Post a Comment