Saturday, January 15, 2011

Kepekaan Seseorang Terhadap Masalah

Masalah terdapat dimana-mana termasuk dibidang pendidikan, namun tidak semua orang merasakan masalah pada sesuatu bidang tertentu. Kepekaan seseorang terhadap masalah sangat tergantung apakah ia mempunyai keahlian atau minat khusus pada bidang tersebut. Kerena itu ada sejumlah faktor yang mempengaruhi peka terhadap masalah:
  1. Spesialisai. Keahlian khusus pada sesuatu bidang akan membuat seseorang  peka terhadap masalah karena yang bersangkutan banyak berhubungan dengan yang dialaminya.
  2. Program Akademik. Biasanya seseorang yang telah menempuh jenjang akademik lebih mendalami bidang yang dikajinya. Atas dasar itu perlu kepada latihan-latihan untuk menempa kepekaan terhadap persoalan yang digelutinya.
  3. Bahan Bacaan. Banyak membaca akan meningkatkan pengetahuan seseorang dan akan menangkap informasi teoritis, konsep dan generalisasi yang dapat membuat seseorang bertambah pengetahuan dan wawasanannya, dengan sendirinya akan peka terhadap masalah.
  4. Analisi Terhadap Sesuatu Bidang. Seseorang menekuni sesuatu bidang akan berusaha mencari informasi senbanyak-banyaknya serta menganalisa persoalan-persoalan dengan baik dan mengamati dengan cermat. Cara ini juga membuat seseorang peka terhadap masalah.
  5. Memperhatikan Kebutuhan Sehari-hari. Kepekaan seorang terhadap masalah bisa saja muncul kerena kebutuhan mendesak, seperti seorang dosen merasakan ada ketimpangan prestasi mahasiswa dengan menggunakan metode tertentu, sehingga mempelajari dan memecahkan secara ilmiah, sistimatis dan logis. Pemecahan ini harus dengan menggunakan metode ilmiah.[1]




[1] DR. H. Sudjarwo, Metodologi Penelitian Sosial. (Bandung, Bandar Maju, 2001), hal.1-3

No comments:

Post a Comment