Monday, January 17, 2011

Masalah Yang Layak Dijadikan Pokok Penelitian

Seseorang yang hendak melakukan penelitian, pertayaan pertama diajukan ialah masalah apa yang diteliti. Untuk itu ada beberapa kriteria yang dapat dijadikan pokok masalah, sebagai berikut:
  1. Aktual. ialah persoalan yang diteliti masih baru dan berkenaan langsung dengan kepentingan serta situasi saat penelitian dilakukan, namun persoalan yang telah lapau layak juga diteliti seperti kajian masa lampau yang sifat historis untuk mebandingak masa lampau dengan masa sekarang.
  2. Bernilai Praktis. Pelaksanaan penelitian harus dilihat sisi manfaatnya, kalau penelitian tidak menghasilkan apapun hasilnya akan mubazir.
  3. Berada Pada Batas Kemampuan Peneliti. Seseorang yang tidak memiliki kemampuan dibidang masalah yang ditelitinya, dikhawatirkan hasilnya akan menyimpang bahkan sama sekali tidak mengena dengan fokus penelitian yang dilakukan. Batas kemampuan tersebut dapat dilihat dari beberapa indikator di bawah ini:
1.      Kemampuna akademis, artinya penelitian dilakukan sesuai dengan sepesialisasi ilmu yang dimiliki. Karena ahli nuklir tidak dapat mengahsilkan analis ekonomi dalam penelitian ekonomi.
2.      Kesanggupan Tempat dan Sarana. Orang indonesia tanpa didukung oleh sarana dan prasarana tidak mungkin dapat melakukan penelitian baik didalam negeri maupun di luar negeri
3.      Kesanggupan Biaya, waktu dan Tenaga. Waktu dan tenaga banyak ditentukan oleh baiya, dalam pelaksanaan penelitian biasanya biaya sangat banyak terkuras ketika pengumpulan data, analisis data dan penulisan.
  1. Tidak Mengundang Pro Dan Kontra yang Bermuatan Politik. Hal ini perlu lebih hati-hati dalam mempublikasikan hasil penelitian, mengingat banyak kepentingan-kepentingan yang ikut membocengi dari hasil suatu penelitian. Apalagi seorang peneliti menggunakan sponsor untuk lancar proses penelitian yang akhirnya hasil penelitian lebih mengarah kepada dokrin dan keinginan para sponsor.

No comments:

Post a Comment